Tuesday, February 28, 2017

Dunia Perbankan dalam Genggaman dengan Danamon Online Banking


Untuk ibu-ibu macem saya rumah adalah tempat yang jarang ditinggalkan. Bagaimana tidak, ibu dengan dua balita, tanpa asisten, dengan suami bekerja di luar pulau, membuat saya 'betah' di rumah. Rutinitas sehari-hari juga sudah tersedia di sekitaran rumah. Penjual sayur, penjual bubur, pedagang buah, tukang rongsok, secara 'sadar' datang dengan sendirinya memenuhi kebutuhan kami-kami yang orang-orang rumahan ini.

Teknologi juga sangat membantu. Cukup dengan akses internet serasa dunia ada dalam genggaman. Mau nelpon, mau video call, belajar masak, bahkan belanja, semua bisa dilakukan oleh satu piranti saja.

Banyak belanja artinya banyak transaksi. Sekarang kita bisa batasi uang tunai di rumah dengan fasilitas online banking. Layanan yang satu ini mulai saya kenal sejak punya penghasilan sendiri. Saat sekarang bekerja sebagai fulltimer housewife saya masih mempertahankan rekening di bank karena layanan online banking.

Setelah beberapa kali berganti-ganti bank, layanan Danamon Online Banking (DOB) yang bertahan paling lama. Kalau pada fasilitas online banking bank-bank sebelumnya saya harus punya alat tambahan untuk bertransaksi, DOB ini yang pertama kali memberikan kemudahan bertransaksi dengan cukup melalui smartphone. Jadi saya tidak perlu lagi repot menyimpan keypad dan mengingat-ingat dimana terakhir saya menaruh alat itu. Hahaha...

Proses awal penggunaan fasilitas ini juga cukup mudah bagi saya. Secara dulu tahun 2013 saya datang ke kantor cabang bank Danamon, sambil bawa anak pertama saya yang baru berumur tiga bulan, buka rekening, dan ingin mengoptimalkan fasilitas yang ditawarkan..., sangat terbantu oleh customer service yang melayani. Tidak sampai 1 jam semua proses selesai dengan lancar, langsung bisa digunakan.

DOB bisa digunakan baik di smartphone ataupun komputer. Yang penting ada akses internetnya. Saya lebih sering menggunakan browser Chrome untuk masuk ke https://www.danamonline.com. Tersedia fitur 'on-screen keyboard' untuk keamanan tambahan saat login.

Pada menu Akun kita bisa melihat status rekening kita. Saldo terakhir, riwayat transaksi, dan rekening koran online. Buat saya yang beberapa tahun ini hidup berpindah-pindah, fasilitas ini sangat membantu. Saya bisa simpan sendiri rekening koran online, aman di penyimpanan data pribadi saya. Artinya saya juga turut membantu mengurangi penggunaan kertas.

Menu yang sering saya gunakan adalah 'transaksi'. Tagihan listrik, telepon, isi pulsa, transfer, dan bermacam jenis transaksi bisa kita selesaikan tanpa perlu keluar rumah. Bayangkan bila malam-malam, meteran listrik berbunyi tat tit tut.., minta diisi pulsa, padahal anak-anak sudah tidur. Dengan DOB  midnight-token pln-shopping pun bisa dilakukan dengan mudah.

Saat harus melakukan transfer kita diberi pilihan untuk bertransaksi dengan sistem LLG, RTGS, atau online. Masing-masing beda besar biayanya, sehingga kita bisa memilih sesuai kebutuhan. Saya lebih suka transaksi dengan sistem LLG karena lebih murah walau prosesnya membutuhkan waktu.

Tambahan untuk riwayat transaksi dan rekening koran. Bila saatnya suami 'mengaudit' keuangan keluarga, saya bisa sajikan data akurat untuk setiap transaksi online yang saya lakukan. Itu yang disebut transparansi dalam manajemen keuangan keluarga. Heuheuheu..

Saya suka fasilitas DOB ini. Seakan mempunyai asisten pembukuan keuangan. Kalau beli sayur dan bumbu dapur bisa dilakukan secara online saya akan gunakan DOB. Jadi jelas untuk setiap rupiah yang digunakan.

Cukup membantu bukan untuk ibu-ibu rumah tangga. Dunia perbankan seakan dalam genggaman. Selamat mencoba, selamat bertransaksi dengan DOB!


4 comments:

  1. Jadi pengen buka Danamon sayaah..huehehe..

    ReplyDelete
  2. Wah, iklan gratis nii utk bank Danamon.
    Gapapa, yg penting latihan, latihan, dan latihan..

    ReplyDelete
  3. informatif sekali mbak reviewnya, jadi gak takut buka rekening di bank danamon

    ReplyDelete